Pages

Kamis, 30 April 2009

moral

hari ini gw uts mata kuliah dasar umum yaitu ppkn..
iya dari sd kelas satu mpe duduk dibangku kuliahan gini gw masih harus belajar all about ppkn..

sebenernya tadi gw selesai ngerjain 30 menit sebelum waktu yang dikasih sama penjaganya abis.
tapi gw milih gak keluar dulu..

gw memilih buat ngerenung..
seperti yang gw tulis dipostingan sebelumnya,,
akhir akhir ini gw lebih senang buat menyendiri dan berfilsafat..

gw gak tau bentuk filsafat tuh seperti apa..
yang pasti katanya,filsafat itu induk dari cabang ilmu pengetahuan..

back to topic..

soal yang keluar di ujian ppkn kebanyakan nyinggung masalah moral..

secara teori,bab tentang moral gampang dikuasain,
karena moral itu tergantung asumsi,yang susah dijelaskan dengan arti yang hakiki

sebenernya gw pengen ketawa,
masih adakah moral yang emang bener bener pake hati nurani??

selama 30 menit itu gw menyoroti apa yang terjadi di bangsa gw..

baru beberapa minggu kemaren,ada pemilu caleg di negeri 1001 koruptor ini..
wuiih ratusan triliyun biaya yang dikeluarin para calon calon koruptor ini..

dengan semua iming iming janji yang dikeluarin,
kesejahteraan,kemakmuran,sembako murah,pendidikan gratis dan berbagai macam janji publik lainnya,

bahkan demi kemenangan mereka,,
pas kampanye banyak dari mereka sengaja nyogok rakyat buat jadi koordinator kampanye mereka,dengan imbalan sejumlah uang.

mungkin kasus realnya ada di lingkungan gw,,

ada seorang ibu yang disuruh oleh salah satu partai buat ngumpulin ktp warga,dan akte kelahiran.
pas mau berangkat kuliah gw nanya kesalah satu warga,,

gw : buat apa ngumpulin ktp ma kartu keluarga..
bapak yang gw tanya : ohw nanti kalo misalnya kita ngumpulin,nanti bakalan dapet beras dan lain lain..

gw cuma senyum miriss..

gw tanya dalam hati..
apakah itu moral?

gw rasa para wakil rakyat pasti mendalami pelajaran ppkn..
dan disitu banyak dibicarain masalah moral..
dan mereka cuap cuap digedung dpr ngebicarain masalah moral rakyat,tanpa pernah liat moral mereka

apakah mereka nganggap moral hanya sekedar teori??
kalo kaya gitu apa sih sebenarnya pengertian moral??

sikut sini sikut sana tanpa peduli yang dibawah..
waktu kampanye mereka bagaikan petugas sosial yang berlagak bagai sinterklas..
pas udah duduk disana..
digedung yang katanya digunakan buat perencanaan negara,,
mereka jadi sengak,lupa dan membabi buta..

tiap pulang kuliah,gw selalu ngelewatin gedung dprd kota bogor,
dan gak jauh dari situ,gw selalu ngeliat banyak anak gelandangan yang minta makan sama ibunya..

gw heran,banyak pertanyaan yang emang susah buat dicari jawabannya..

apakah itu moral?

gw rasa jawabannya tergantung dari individu masing masing..




nb : gw nulis ini sambil ngerenung disudut kota bogor jam 9 malem,sambil ngeliatin kakek2
yang tidur di pinggir toko sambil megang perutnya dan dia ngegigil kedinginan. 30 meter ditempat kakek2 itu tidur,
ada rumah pejabat yang gedenya kaya stadion,dan mungkin lagi berselimut tebal dengan perut terlalu kenyang.
sekali lagi gw pengen nanya.. apa makna moral yang sesungguhnya??
HUH...




-----------------------JUST SAY GOVERMENT IS SUCKS-----------------------------

Tidak ada komentar: